Kompetensi Dasar 1 Sejarah Gereja Asia Lama (lanjutan)




Indikator ke-2 dari Kompetensi Dasar 1 dari Mata Kuliah Sejarah Gereja Asia, yaitu 

1.2.Menjelaskan pengertian Sejarah Gereja Asia Modern

Seorang pakar hitorika Kristen, yaitu Th. Van den End, dalam riset teoritiknya berjudul “Sejarah Gereja Asia” yang ditulis dan diterbitkan tahun 1981 oleh Pusat Penelitian dan Inovasi Pendidikan Duta Wacana Yogyakarta,  mengunakan dua istilah teknis, yaitu kata lama dan modern  pada pembahasan Sejarah Gereja Asia. Menurutnya ada Sejarah Gereja Asia Lama dan Gereja Asia Modern. Istilah Lama dan Modern dalam Sejarah Gereja Asia Modern tidak berarti ada dua benua Asia, tempatnya sama, yaitu beberapa wilayah Asia pada awal sejarah lahir dan berkembangnya gereja di Asia. 

Tempat yang dimaksud yakni Partia/Persia, Tiongkok, dan India. Jadi ini hanya sebuah istilah yang digunakan untuk membedakan misi dan hasil misi gereja oleh orang Asia dengan gereja Eropa di Asia. Dengan demikian arti Sejarah Gereja Asia Modern diartikan sbb:  

Sejarah Gereja Asia Modern adalah hasil misi Gereja Eropa di Asia (Khususnya di Partia/Persia/Asia Barat, Utara, yaitu Tiongkok dan Selatan yaitu India) pada abad ke 15 sampai abad ke-18

atau

b.Sejarah Gereja Asia Modern adalah respon orang-orang Asia terhadap panggilan Allah melalui berita Injil Yesus Kristus yang disampaikan para misionaris dari Gereja Eropa abad XV - XVII (misi Katolik dan Protestan).
 

c.Sejarah Gereja Asia sejak tahun 1950 adalah kemampuan Gereja Asia berteologi dalam konteks Asia.
 

Uji Kompetensi

1. Jelaskan pengertian Sejarah Gereja Asia Modern di Asia pada abad ke-15 sampai abad ke-18 
2. Sebutkan dan jelaskan Misi Gereja Eropa di Asia

Artikel Bahan Sejarah Gereja Asia: Oleh Yonas Muanley.

Author:

Facebook Comment

Banner 728x90 Target Indonesia